etharingo

Hakuna Matata

Mini Case 1: KM pada Indofood

December26

PT Indofood pernah mengalami persaingan yang sungguh ketat kompetisinya, namun mereka berhasil bertahan dan melalui itu semua dengan knowledge management yang dimiliki oleh perusahaan.

Sejarah Perusahaan

PT Indofood Sukses Makmur Tbk ( “Indofood”) (idx: INDF) merupakan perusahaan makanan olahan terkemuka di Indonesia. Indofood menyediakan total solusi melalui makanan empat kelompok usaha strategis: produk konsumen bermerek (CBP), Bogasari (produsen tepung), agribisnis, dan distribusi. Indofood kuat dari warisan hari ini adalah kekuatan merek-nya, banyak yang telah sahabat-sahabatnya kepada masyarakat Indonesia selama hampir dua dekade. Ini termasuk berbagai merek mie instant (Indomie, Supermi dan Sarimi), tepung terigu (Segitiga Biru, Kunci Biru dan Cakra Kembar), memasak minyak (Bimoli), margarin (Simas Palmia) dan shortenings (Palmia). Akuisisi Indolakto, yang merupakan salah satu produsen susu yang diproses (Indomilk) telah diposisikan sebagai Indofood Progressive Total Makanan Solusi perusahaan. Indofood merek terus menjadi pemimpin pasar di segmen tertentu dengan reputasi untuk kualitas dan nilai uang yang tetap tak tersaingi.

Produk – Produk

Inovasi – Inovasi

Indofood selalu membuat inovasi, misalnya dalam hal rasa produk mi instan, ada mi goreng dengan rasa gobang ( goreng bawang), goso ( goreng soto), gokar ( goreng kari), dsb. Inovasi semacam itu juga dilakukan pada produk tepung terigu. Dan menggunakan sistem yang Customer Oriented, jadi produk yang dihasilkan sesuai keinginan Customer.

Kompetitor

Indofood sebetulnya pernah bereaksi atas serangan Mie Sedaap dengan meluncurkan Indomie Kriuk, varian baru Supermi Sedaaap, dan gimmick “Beli 5 Gratis 1” dalam rentang waktu yang cukup panjang. Reaksi Indofood yang cenderung impulsif ini dinilai para pengamat kurang strategis, terlalu pragmatis, “terjebak permainan challenger” kesalahan yang sering dilakukan oleh big brands. Tidak mau tersandung di batu yang sama untuk kedua kalinya, tahun ini Indofood meluncurkan strategi marketing yang lebih komprehensif yang lebih menunjukkan jati diri Indofood sebagai market leader. Hampir semua brand dalam portfolio-nya disegarkan kembali dengan kampanye baru maupun peluncuran produk baru

Kesimpulan

Ditengah arus persaingan dalam hal produk – produk dari tepung terigu, PT. Indofood Sukses Makmur tetap menjadi yang terdepan karena beberapa hal sebagai berikut :

  • Brand Image yang sudah tertanam sejak awal
  • Selalu berinovasi dan bereaksi atas gempuran lawan sehingga tetap menjadi yang terdepan
  • Memperluas persaingan ke berbagai produk sehingga memperbesar niche market mereka
  • Memegang jalur distributor utama tepung terigu di Indonesia

reference: http://vincentkosasih-km.blogspot.com/2009/11/pt-indofood-sukses-makmur-bertahan-di.html

Email will not be published

Website example

Your Comment: