etharingo

Hakuna Matata

Tugas 3 KM

December26
  1. Perbedaan tacit knowledge dan explicit knowledge adalah :
  2. Tacit knowledge merupakan suatu pengetahuan yang sulit untuk disampaikan kepada orang lain baik melalui kata-kata maupun teori karena hanya pemilik pengetahuan lah yang memahaminya. Jadi biasanya pengetahuan ini disampaikan dengan melakukannya secara langsung.

    Contoh: saat belajar piano, sang guru tidak cukup hanya menyampaikan teori saja kepada muridnya melainkan langsung mengajarkan bagaimana bermain piano dan letak-letak nada yang ada pada tuts piano.

    Kebalikan dari tacit knowledge, explicit knowledge merupakan suatu pengetahuan yang mudah untuk disampaikan ke orang lain karena informasinya didapat dengan cara mengumpulkan, menghubungkan, dan mengelola informasi yang didapat baik dari buku, dari referensi dan petunjuk lainnya.

    Contoh : misalnya saat kita membeli suatu software biasanya akan ada sebuah dokumen yang dinamakan user manual menjadi panduan user atau pengguna bagaimana cara menggunkan software tersebut.

  3. Proses transfer di antara kedua knowledge di atas adalah sebagai berikut :
  4. Data yang sudah diolah menjadi informasi dan kemudian menjadi pengetahuan yang dimiliki, sehingga jika nantinya dihadapkan kepada suatu masalah, maka pengetahuan tersebut baik yang berupa tacit knowledge (pengalaman) maupun explicit knowledge (berupa dokumen atau referensi) akan sangat berperan untuk mampu memahami permasalahan tersebut yang terjadi dalam sebuah organisasi dan kemudian menyelesaikannya. Dan organisasi biasanya menerapkan knowledge management untuk mengelola pengetahuan tersebut.
    Ada empat model transfer knowledge :

    • Socialization
    • => tacit knowledge yang dipunyai oleh seseorang di-transfer dengan orang lain agar memiliki knowledge tersebut juga dalam bentuk tacit. Jadi ini merupakan transfer knowledge dari tacit ke tacit, contohnya bisa berupa sharing pengalaman.

    • Externalization
    • => proses transfer knowledge dari tacit ke explicit agar knowledge tersebut lebih mudah dimengerti dan dimanfaatkan. Knowledge tacit yang bentuknya lebih kepada praktek dituangkan dalam bentuk tulisan berupa buku atau dokumen dan nantinya dokumen ini yang akan dijadikan atau digunakan sebagai referensi yang bentuknya disebut sebagai explicit knowledge. Contohnya user manual yang dibuat untuk suatu aplikasi.

    • Combination
    • => proses ini merupakan proses yang mengubah suatu explicit knowledge menjadi explicit knowledge yang baru dengan cara menggabungkan satu explicit dengan explicit lainnya lalu menyortirnya, atau menambahkannya dan nantinya ini akan menghasilkan suatu explicit knowlege yang baru. Contohnya banyak cara untuk membuat suatu dokumen teknis ,jadi kita bisa saja mengkombinasikan dari dua atau lebih referensi untuk menghasilkan suatu dokumen teknis yang lebih bagus.

    • Internalization
    • => proses ini merupakan proses pembelajaran yang dilakukan oleh semua anggota perusahaan. Explicit knowledge disebarkan ke semua anggota perusahaan dan nantinya anggota tersebut mengimplementasikannya sesuai dengan kemampuan masing-masing yang menjadi suatu tacit knowledge. Lalu tacit knowledge tersebut akan diubah kembali menjadi bentuk explicit. Knowledge tersebut nantiinya akan dilakukan secara berulang-ulang. Contohnya metode setiap guru saat mengajar pasti berbeda-beda.

      Demikianlah proses transfer di antara kedua knowledge tersebut.

  5. Perbedaan dan struktur perubahan data, informasi, dan knowledge :
  6. Data merupakan sebuah objek, yang berupa angka atau huruf dan simbol, kejadian, maupun sebuah fakta. Kemudian data-data tersebut akan diolah menjadi sebuah informasi yang memiliki arti dan berguna untuk menggambarkan suatu kejadian dan fakta yang ada. Data dan informasi digabungkan menjadi satu kemudian diolah menghasilkan sebuah pengetahuan yang digabungkan dengan pengalaman seseorang untuk ‘menindaklanjuti’ data dan informasi yang ada sehingga dapat dikembangkan untuk pengambilan suatu keputusan. Jadi pengetahuan tidak sama seperti informasi yang hanya bersifat pemberitahuan, namun harus mampu digunakan untuk proses pengambilan keputusan.

  7. Tiga model dasar knowledge management :
    • People
      => merupakan orang-orang yang memegang peranan besar dalam mensukseskan knowledge management. Berperan untuk menciptakan figuire budaya orang-orang dengan basis pengetahuan.
    • Process
      => disinilah nantinya proses pemindahan knowledge dari people ke technology agar bisa digunakan dan dimanfaatkan mulai dari proses mengidentifikasi, membangun, menyebarkan, menggunakan hingga melakukan perbaikan maupun perkembangan dari knowledge management.
    • Technology
      => merupakan faktor dan sarana pendukung untuk membantu mengolah dan menyebarkan knowledge yang sudah diproses oleh perusahaan.
  8. Proses utama dari knowledge management adalah sebagai berikut :
    • Knowledge identification
    • => merupakan tahap awal dari proses knowledge management dimulai dari mengidentifikasi dan menganalisis knowledge yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.

    • Knowledge acquisition
    • => setelah melakukan identifikasi terhadap knowledge kemudian perusahaan melakukan akuisisi/menyerap eksternal knowledge. Namun tidak semua eksternal knowledge tersebut diserap tetapi di-filter dahulu disesuaikan dengan budaya yang dimiliki oleh perusahaan, sehingga knowledge perusahaan akan lebih kaya.

    • Knowledge development
    • => setelah mengetahui dan melakukan akuisisi terhadap knowledge baik dari internal maupun eksternal yang akan dikelola kemudian akan dibangun sehingga akan tercipta ide-ide yang akan menciptakan knowledge yang baru.

    • Knowledge utilization
    • => setelah proses sharing knowledge, langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa knowledge yang dimiliki harus dimanfaatkan dengan baik sehingga memberikan feedback yang bisa menguntungkan perusahaan.

    • Knowledge Retention
    • => proses penting untuk memastikan bahwa knowledge tetep bisa berada pada perusahaan. Setiap orang di perusahaan menggunakan knowledge yang ada sehingga nantinya akan menjadi knowledge perusahaan yang bermanfaat dan prosesnya akan lebih ditingkatkan.

Email will not be published

Website example

Your Comment: