etharingo

Hakuna Matata

Mini Case 4: KM pada Unilever Indonesia

December26

Unilever Indonesia mencatat prestasi yang mengagumkan dalam penerapan knowledge management. Tercatat mendapatkan award “Most Admired Knowledge Enterprise “ tiga kali berturut-turut sejak tahun 2005 hingga 2007.

Apakah rahasia keberhasilannya? Josef Bataona menyingkapkannya dalam Konferensi Knowledge Management yang di adakan oleh Dunamis. Pertama, Unilever menaruh knowledge dan learn sebagai tujuan dalam corporate culturenya “… willingness to embrace new ideas and learn continuously “.

Kemudian ‘ Knowledge sharing’ diimplementasikan ke dalam lima bagian dalam bisnis: Employee melalui online sharing heart and mind, Consumer dan Custumer contohnya melalui advertising yang membuat masyarakat mengerti pentingnya hidup sehat.

Dalam Community Unilever menerapkan program-program sharing knowledge seperti ‘Surabaya Green & Clean (SGC)’ bersama Jawa Pos dan pemerintah Surabaya. Program ini untuk meningkatkan mengelola sampah dan penghijauan kembali, dan membagikan knowledgenya kepada yang lain.Yang terakhir juga dalam Forum dan Top Leaders, share knowledge juga dilakukan.

Dengan demikian perusahaan Unilever menjadi salah satu perusahaan yang sukses menerapkan knowledge management pada perusahaannya.

reference: http://vibizmanagement.com/journal.php?id=9&sub=journal&page=strategic

Email will not be published

Website example

Your Comment: